Selasa, 14 Mei 2013

LDK OSIS-MPK 2012/2013 SMA N 1 KALIWUNGU

            Setiap sekolah, khususnya SMP dan SMA yang biasanya sudah terdapat organisasi OSIS, pasti sudah tidak asing dengan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan atau yang biasa disebut LDK.

            Tujuan diadakannya LDK antara lain, untuk meningkatkan wawasan tentang berorganisasi yang baik,mengembangkan pemikiran yang progresif mengenai gerak organisasi, dan meningkatkan kinerja,kekompakan, serta tanggung jawab atas tugasnya.
            Di SMA N 1 KALIWUNGU, LDK diadakan 3 hari pada tanggal 24,25, dan 26 Desember 2012. Ya, kegiatan tersebut memang bertepatan dengan hari libur nasional. Namun, hal tersebut tak mengurangi semangat para peserta dan panitia LDK.
            LDK di SMANKA diikuti oleh sekitar 62 peserta. Peserta tersebut merupakan seluruh pengurus OSIS-MPK inti serta MPK kelas sepuluh dan sebelas.
            Hari pertama LDK, dimulai dengan pembukaan oleh kepala sekolah SMA N 1 KALIWUNGU yaitu Bapak Asari S.Pd, lalu dilanjutkan dengan materi mengenai kebijakan nasional tentang pembinaan dan generasi muda. Materi tersebut memebahas mengenai peran-peran generasi muda. Kemudian dilanjutkan dengan materi Kepemimpinan(dalam wacana OSIS) dan management organisasi. Dan materi terakhir dihari pertama adalah Teori dan praktik penyusunan proposal dan surat-surat resmi.
             Hari kedua LDK, diawali dengan materi Senam Kebugaran Jasmani atau yang biasa disebut SKJ. Dilanjut dengan materi Dinamika kelompok dan teori praktik penyusunan SPJ. Materi tersebut sangat dibutuhkan untuk para peserta terlebih lagi untuk anggota OSIS, karena sangat berkaitan erat dengan kerjasama, dan tanggung jawab dalam suatu organisasi. Selanjutnya materi mengenai JSN 45 dan pendidikan karakter kebangsaan, dan Etika pergaulan dan budi pekerti luhur. Dan materi terakhir hari kedua adalah materi yang sangat disenangi peserta, Outbound. Materi outbound tersebut dikomandani oleh OSIS-OSIS domisioner SMANKA.
             Hari terakhir LDK, dipenuhi dengan materi Pengelolaan Sekolah dan Kurikulum, Tata Upacara bendera, management rapat, diskusi dan komunikasi efektif, dan tes Integritas. Setelah semua acara selesai diadakanlah upacara penutupan LDK oleh Bapak Kepala Sekolah.
             Memang acara tersebut hanya diadakan selama tiga hari tapi kegiatan tersebut membawa manfaat yang sangat besar bagi para peserta LDK.             
             Begitulah sekilas gambaran LDK yang diadakan di SMANKA.

0 Komentar:

Posting Komentar