Selasa, 07 Agustus 2012

Perjalan Menuju Ketua OSIS (the story of My Life)

Hanafi Akmal

     Dentang jam berbunyi,ketika jarum jam menunjukkan pukul 6 pagi.Sambil mengucel-ngucel mata,aku lekas bergegas bangun untuk mandi dan bersekolah.Karna hari ini adalah hari pertama masuk sekolah setelah liburan panjang.

     Ku telusuri jalan menuju sekolah dengan semangat yang berkobar-kobar dan penuh harapan untuk kembali bertemu denagn teman-teman dan menikmati sajian ilmu dari Bapak dan Ibu guru yang selalu aku idolakan.

    Hingga akhirnya sampailah aku di depan gerbang SMA yang begitu besar dan megah.Terpampang spanduk besar yang bertuliskan”Selamat Datang Siswa-Siswi baru SMA N 1 Kaliwungu Tahun Ajaran 2011/2012”.Pertanda tahun ajaran baru dimulai.Denagn wajah-wajah baru yang datang dari berbagai Smp di wilayah sekitar Kaliwungu-Kendal.

    Nafas lega keluar dari dalam dadaku sambil menatap kearah SMA dan aku berteriak”SMANKA I’m come back”

  Pengumuman pembagian kelas di tempelkan di madding bagian selatan.Banyak kerumunan teman-teman satu angkatanku yang berebut untuk melihat,masuk apakah mereka?

“Huembsss…….santai ajja Brooo,Kita lihat nanti saja”.tegur salah satu teman padaku sambil menepuk pundak kanan ku.”Oke Coy,masuk jurusan apa Bro”?
“Ipa” hla kamu??
“Aku juga Ipa sahutku dengan kalimat yang sedikit terbata-bata..
Beberapa menitr kemudian,aku menghampiri mading yang Nampak sepi dari kejauhan.karna sebagian orang telah menemukan ruang mereka.
Masuk Ips !?!??

     Tak habis pikir!Wajahku mulai pucat,dadaku tiba-tiba menyesak.Mataku tak kuasa membendung air mata.Ketika ku lihat dari daftar nama,namaku tak tertera dalam jurusan Ipa!!!Sorot mataku terus mencari nama,nama yang berawalan huruf M,yang tak lain adalah namaku sendiri.

   Terus mencari,melirik keatas dan kebawah dengan penuh ketegangan.Hingga pada akhirnya kutemukan namaku di ruang XI Ips 4.Kekecewaan meledak dari dalam hatiku,bercampur dengan rasa tak percaya.Aku merenung sejenak sambil meratapi kejadian ini.TetapiRozikin menenangkanku sambil berkata,”Ipa & Ips sama saja Fi,Gak perlu nyesel ataupun kecewa,sudahlah ayo kita masuk kelas”.Kata-katanya seolah memotivasiku yang sedang dilanda virus kekecewaaan.Rozikin terus memaksaku agar segera masuk ruangan.Dan akhirnya akupun berdiri denagn sisa penyesalanku bersama Rozikin masuk ruang kelas XI Ips 4.
Menjadi Ketua Kelas?????
    
    Beberapa saat kemudian masuklah pak Eko Timo (Guru Mapel Tik SMAN 1 Kaliwungu).Yang kemudian memperkenalkan bahwa Beliau adalah Wali kelas kami,11 Ips 4.

Dengan  jelas Ia memaparkan segala penjelasan dan opininya kepada kami.Bahwa Ips itu tak selalu identik dengan kebodohan ataupun keterbelakangan.Segala ucapanya menghilangkan kekecewaan yang sempat meracuni fikiranku.Semua terasa Plong.ketika motivasinya membelenggu dalam jiwaku.

“Jangan merasa kalian adalah Pecundang ,jangan merasa kalian adalah sisa dari mereka yang masuk ipa.Tunjukan kalau kalian pasti bisa.Serunya sambil penuh semangat dan membuat suasana kelas menjadi suasana perang seperti saat Bung tomo menyerukan semangat tempo dulu.
Setelah selesai menyampaikan motivasinya.Beliau membentuk Struktur Kepengurusan kelas.Mula-mula  dia membacakan  Calon-calonya termasuk aku,Yang diantaranya adlah Evi Noviana,Syahnisa Ayu,M.ali Nuruddin,Dan M.Hanafi Akmal.
Dalam voting yang berlangsung singkat,hamper seluruh siswa memilih aku.Dari 39 siswa,30 dianaranya memilih aku untuk jadi ketua kelas,Pemimpin dan pemegang amanah Kelas 11 Ips 4.Sedangkan sisanya Evi,Syahnisa,dan Ali melengkapi kepengurusan yang kosong dibawah ketua kelas.
Membina Manajemen Kelas

   Banyak motivasi dan semangat dari Pak Eko kepadaku.Semenjak aku jadi salah satu muridnya di kelas 11 ips 4.Melalui pesan Via sms Beliau membrikan dorongan-doronagn positive dan tetap semangat untuk menjalani kehidupan.”What you think it What you get”.Itulah kata yang sering diucapkanya.Yang memiliki makna .Apa yang kamupikirkan itulah yang kamu dapat.
Keesokan harinya aku mulai memainkan peranku sebagai ketua kelas XI IPS 

4.Mula-mula aku begitu gugup berbicara di depan kelas karna aku belum begitu akrab dengan mereka.Tapi aku berusaha menghilangkan rasa gugup itu degan pikiran yang tenang.Berawal dan berangkat dari kebiasaan aku mulai terbiasa dan tak gugup lagi berbicara di depan kelas.Motivasi dari Pak Eko menambah kepercayaan diriku untuk menjalani peran yang ku emban. Saat aku merasa bingung ataupun bimbang terhadahp kondisi kelas beliau selalu memberikan solusi yang menurutku itu jitu dan tepat.

Kamu Calon Ketua Osis!?!?!?!?!?!??

0 Komentar:

Posting Komentar